Be Your Inspiration

Tuesday 29 September 2015

Pulau Kura-Kura Lombok Timur yang Menawan dan Mempesona


Pulau Kura-Kura or Turtle Island at Lombok Timur NTB yang eksotis dan menawan.
 Satu lagi anugerah terindah dari Tuhan yang diberikan kepada Lombok Timur (Lotim). Anugerah keindahan alam yang menawan itu ada di Pantai Kura-kura. Itulah nama pantai yang diberikan warga. Fanorama pantai yang eksotik ini memiliki daya tarik luar biasa bagi siapa saja yang berkunjung ke sana.


PANTAI yang terletak di Dusun Sungkun, Desa Ekas Buana, Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lotim ini terlihat masih belum terjamah. Pantai yang berjarak sekitar 5 Km dari jalan utama ini tidak banyak dikenal oleh masyarakat. ‘’Mulai dikenal itu baru sekitar tahun 2013 lalu,’’ tutur Kepala Desa Ekas Buana, Nurman.

Dinamakan Pantai Kura-kura karena ada di pantai itu ada gili (pulau kecil) yang bentuknya mirip kura-kura. Gili yang menyerupai kura-kura itu, bukanlah pahatan atau hasil karya manusia. Namun murni bentukan alam.
 
A Part of Turtle Island at East Lombok West Nusa Tenggara
Pantai ini cukup diminati wisatawan. Para wisatawan yang berkunjung ke sana sebagian besar untuk surfing. Kondisi pantai ini memang cocok untuk olahraga air ini dan menjadi salah satu daya tarik bagi wisatawan. Kata Kades Nurman, banyak wisatawan yang datang surfing. "Lokasi surfingnya di dekat kura-kura itu," katanya. Wisatawan pecinta surfing ini banyak datang dari Bali menggunakan kapal-kapal kecil.

Pantai Kura-kura termasuk pantai paling selatan di wilayah Lotim. Membentang dan langsung berhubungan dengan Samundra Hindia yang terlihat jelas terbentang luas. Karena behubungan langsung dengan Samudra Hindia, sehingga ombak pantainya tergolong besar. Gulungan ombak yang panjang menjadikan kawasan ini dicintai para peselancar termasuk peselancar dunia.
 
A real Turtle Island at East Lombok. This island suitable for the visitors .
Air lautnya yang masih bersih tidak menjadikan kawasan ini juga jadi tempat berenang para pengunjung. Hanya saja aktivitas pengunjung ramai pada saat-saat tertentu saja. ‘’Pantai ini ramai dikunjungi pada hari Sabtu dan Minggu,’’ terang Nurman.

Pantai Kura-kura adalah alternatif dari sejumlah pantai yang berada di wilayah Lotim bagian selatan yang menarik untuk dikunjungi. Para wisatawan, tidak saja akan terpana dengan bentuk gili yang menyerupai kura-kura saja. Ada sejumlah gili lain yang tidak kalah menariknya, seperti Pantai Dagong, Berore, Surga, Planet dan lainnya. (Rusliadi)
Share:

0 komentar:

VISITOR

YANG SAYANG ANDA LEWATKAN

Blog Archive